Sunday, June 28, 2009

SEPUTAR EPROM DAN EEPROM

SEPUTAR EPROM DAN EEPROM

Pernah ada trouble pada mesin yang kemudian berkembang masalahnya pada kesimpulan program epromnya rusak, padahal ladder program yang ada pada eeprom (bukan EPROM) masih ada, well ……anda yang tau pasti akan menyimpulkan berarti bukan program pada eepromnya yang rusak, tepatnya program yang ada di eeprom termanipulasi sehingga cycle tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Pada mesin-mesin industri keramik tile ada beberapa mesin yang cycle automationnya di control oleh oleh peripheral-peripheral yang masih berstandar microcontroller seperti PPI 8255 berbasis processor 8031 yang menggunakan eprom 64 kb ( type 2764), ada juga control berbasis plc standart yang menggunakan cpu berbasis PPI yang belum compact teknologinya. Seperti mesin horizontal drier buatan SACMI. Central process dari mesin ini adalah sebuah program berbentuk ladder plc yang bisa di modifikasi langsung, karena sudah ada console yang berfungsi untuk melakukan perubahan-perubahan parameter dan bahkan cara kerja mesin, tanpa menggunakan alat lain lagi.

EPROM DAN EEPROM

Menurut buku pengantar Mikrokomputer (oleh: Albert Paul Malvino Ph.D) Eprom adalah sebuah Erasable PROM (PROM yang dapat di hapus), PROM sendiri adalah adalah adalah sebuah Programmable ROM (ROM yang dapat di program). Menggunakan mosfet sebagai komponen-komponennya.
Jadi EPROM adalah sebuah PROM yang dapat di program dan dihapus isinya dengan menggunakan sinar ultraviolet yang disinarkan melewati jendela yang ada pada IC. Setelah di sinari akan terjadi pembebasan muatan pada mosfet, kemudian eprom ini siap untuk diprogram lagi.
EPROM sendiri adalah termasuk jenis memori nonvolatil (tidak mudah menguap), jadi walaupun catu daya yang menjadi sumbernya mati, isinya akan selalu tetap.



Contoh gambar eprom



EEPROM

EEPROM sendiri adalah electric erasable PROM, yaitu sebuah PROM yang dapat dihapus isinya dengan menggunakan pulsa electric kemudian bisa diprogram lagi.
Walaupun termasuk memori nonvolatil berbeda dengan eprom yang penghapusan nya menggunakan sinar ultraviolet.
kelebihan dari eeprom ini adalah waktu penghapusan dan pemrograman kembali menjadi lebih cepat.




Gambar EEPROM

Sebagai contoh yang pernah aku lakukan, untuk menghapus dan mengisi data lagi (bukan memprogram) sebuah eeprom type 28C256 (atau 58C256) hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja menggunakan sebuah ic writer.

Cara kerja dari eeprom disini adalah dengan menyalin data yang ada di eeprom ke sebuah microprosesor sehinggan dapat di monitor dan dilakukan perubahan pada beberapa bagian yang diperlukan
Kelebihan dari eprom dan eeprom ini adalah data yang disimpan didalamnya bisa bertahan selama bertahun tahun. Jadi walaupun mesin kita matikan dan tidak ada kejadian yang bersifat insidentiel kita tidak perlu khawatir program akan hilang.

Walaupun begitu, terlalu sering melakukan perubahan pada isi kedua benda ini, juga bisa mempengaruhi lapisan –lapisan insulated oksida yang ada didalamnya.

Kemungkinan kerusakan atau yang membuat ic ini menjadi tidak stabil (data memorinya) adalah karena adanya tegangan-tegangan electric yang tidak normal (lonjakan tegangan misalnya).

Masalah bagaimana memprogram IC ini sayangnya tidak bisa dijelaskan di sini karena banyak yang harus di detilkan dan susah nulisnya he, he .......

PCD 892

PCD 892
gambar silicon disk PCD 892

DONGLE KEY

DONGLE KEY
contoh gambar dongle \ software protection key